JPF : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 4, No 3 (2016): PENDIDIKAN FISIKA

Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPA Terpadu Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar

Hilmi Hambali (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan guru dalam pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPA Terpadu siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melihat perubahan tingkat motivasi belajar mata pelajaran IPA Terpadu siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar, dan perubahan tingkah laku belajar siswa dalam tiga siklus dengan menerapkan keterampilan pengelolaan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Unismuh  Makassar. Pengumpulan data tentang tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan angket dengan kriteria pilihan ya atau tidak. Sedangkan data tentang perubahan tingkah laku siswa dilakukan dengan menggunakan format observasi siswa. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliput tabel, frekuensi, rata-rata, persentasi, varians dan standar deviasi. Sedangkan secara kualitatif dengan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa selama dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa tingkat rata-rata motivasi belajar siswa adalah 16 atau 64% dari skor ideal yaitu skor 25, siklus II rata-rata 19 atau 76% dari skor ideal, dan pada siklus III skor rata-rata 20 atau 80% dari skor ideal. Sedangkan dari segi tingkah laku belajar siswa terjadi perubahan ke arah yang positif, hal ini menunjukkan hal yang memberi harapan besar agar guru lebih termotivasi untuk mengelolah kelas yang dihadapinya.Kata kunci: keterampilan pengelolaan kelas, motivasi belajar.This study aims to determine whether the skills of teachers in classroom management can increase motivation to learn science subjects Integrated class VII student Makassar.Penelitian Unismuh this is a class action (classroom action research) done in three cycles. This classroom action research aims to see changes in the level of motivation to learn science subjects Integrated class VII student Unismuh Makassar, and changes in behavior of students in three cycles by applying classroom management skills. The sample in this research is the students of class VII A junior Unismuh Makassar. Data collection on the level of student motivation by using a questionnaire with yes or no selection criteria. While the data on changes in student behavior is done by using the observation formats student. Data analysis was done in two ways, namely by means of quantitative and qualitative. Quantitatively using descriptive statistical analysis techniques that cover the tables, frequency, average, percentage, variance and standard deviation. While qualitatively by describing the changes in behavior of students during the learning process. The results of the study in the first cycle showed that the average level of student motivation is 16 or 64% of the ideal score is a score of 25, the second cycle an average of 19 or 76% of the ideal score, and the third cycle an average score of 20 or 80 % of the ideal score. In terms of student learning behavior changes in a positive direction, it indicates that gives great hope that teachers are more motivated to manage the class that it faces.Key Words: classroom management skills, motivation to learn.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian pada bidang pendidikan fisika. Hasil Penelitian yang dimuat pada jurnal ini berasal dari tenaga pengajar, alumni pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar serta hasil penelitian dari ...