Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)
Vol 1, No 1 (2016): JURKAMI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH BERBANTUAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SEPAUK

Dessy Triana Relita (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa yang terlihat dari respon siswa saat guru mengajar di kelas dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe index card match berbantuanan learning starts with a question, variabel terikat adalah hasil belajar. Metode dalam penelitian ini adalah  kualitatif deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data adalah lembar observasi, lembar tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan nilai klasikal siklus I 69,23% dan siklus II 88,47% sehingga terjadi peningkatan 19,24%, sedangkan nilai rata-rata siklus I 69,11% dan siklus II 85,96% sehingga terjadi peningkatan 16,58%. Sedangkan wawancara kepada siswa mendapat respon positif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match berbantuan learning starts with a question dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu, memberikan hasil yang maksimal terhadap berlangsungnya kegiatan belajar siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa.Kata kunci: Index Card Match Berbantuan Learning Starts With A Question

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan ekonomi dan kajian ilmu ekonomi lainnya, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah ...