Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IIA PGSD MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD KELAS RENDAH

Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah dengan menggunakan metode mind mapping. Hipotesis tindakan penelitian adalah jika digunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester II pada matakuliah pendidikan matematika SD kelas rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Design penelitian ini berdasarkan Kemmis and Taggart dengan menggunakan spiral sistem. Setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 70.97% dan peningkatan pada siklus II berubah menjadi 90,32%. Berdasarkan hasil analisis observasi terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran yaitu dari 80% descriptor yang terlaksana menjadi 95% descriptor yang terlaksana. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...