Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA SD PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Zulhendri Zulhendri (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
01 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian setiap indikator yang mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika SD pada mahasiswa semester I. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualititatif yang berupaya untuk mendeskripsikan analisis kemampuan pemahaman konsep matematika SD. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika Semester I sebanyak 1 kelas yang terdiri atas 22 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang meliputi : (1) memanfaatkan, dan memilih prosedur dalam menentukan relasi dari himpunan, (2) menentukan relasi refleksif, relasi simetris dan relasi transitif, (3) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dalam melakukan operasi hitung bilangan, (4) menentukan nilai dari operasi penjumlahan bilangan bulat, dan (5) menentukan nilai dari operasi perkalian bilangan bulat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemahaman konsep dasar matematika SD Mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebesar 76 %, Sedangkan 24 % mahasiswa tidak atau kurang memahami konsep dasar matematika

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...