Pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan aktivitas jasmani, tetapi bagaimana mengembangkan seluruh potensi siswa melalui aktivitas jasmani. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui metode TGT dalam permainan futsal. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu yang terdiri dari25orang siswa. Dalam pelaksanaan TGT pembagian kelompok dilakukan dengan dua cara: cara pertama kelompok berdasarkan gender, cara kedua kelompok dicampur antara putra dan putri. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama menunjukkan bahwa aspek afektif tentang keaktifan masih diperlukan perbaikan, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus 2. Pada siklus 2 sudah menunjukkan hasil yang optimal sehinggatidak diperlukan lagi siklus berikutnya. Karena pada siklus 2 sudah meningkat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT dapatmeningkatkan keaktifan siswa SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Meningkatnya keaktifan siswa juga akan mempengaruhi pola belajar siswa dalam mencapai tujuan baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor
Copyrights © 2018