Buku ajar merupakan buku yang diajarkan atau digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya, untuk maksud-maksud dan tujuan intruksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pelajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya disekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran. Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang menekankan kepada suatu proses ilmiah. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas dalam perkembangan berfikir yang meliputi kemampuan psikomotor, kemampuan kognitif, dan kemampuan afektif. Langkah -langkah pembelajaran saintifik terdiri dari lima pokok pengalaman belajar seperti; (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengumpulkan informasi, (4) mengasosiasikan dan (5) mengkomunikasikan/ menyimpulkan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan buku ajar pendidikan jasmani dan olahraga melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD Negeri Nguter 02 Semester II Pasirian Kabupaten Lumajang pada Tahun pelajaran 2014/ 2015. Model pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Sugiono Tahun 2010. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut ; (1) Data dari Ahli pembelajaran dieproleh rata-rata 78,33 %, (2) Evaluasi untuk Ahli media di peroleh rata-rata 81,33 %, (3) Evaluasi Ahli bahasa di peroleh rata-rata 81,67 %, sedangkan untuk uji kelompok kecil ( tahap I ) diperoleh hasil 81,25 %, uji kelompok besar ( tahap II ) diperoleh rata-rata 82,72 %. Pengembangan produk buku ajar ini belum sampai pada penelitian uji efektifitas, untuk itu perlu di adakan lagi sebuah penelitian tentang efektifitas prosuk buku ajar ini yang telah dikembangkan
Copyrights © 2018