Studi Arab


SIGNIFICANT LEARNING (CARL RANSOM ROGERS) Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Nur Rokhmatulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran terjadi tanpa memperhatikan kondisi psikologis siswa. Di dalam praktik mengajar bahasa khususnya bahasa Arab ada beberapa pendekatan teori pembelajaran bahasa Arab yang dapat dijadikan sebagai wawasan bagi para pendidik di antaranya adalah pendekatan teori behavioristik, humanistik dan lain sebagainya. Rogers menunjukkan sejumlah prinsip-prinsip belajar humanistik yang penting yakni dengan belajar secara signifikan (significant learning), Rogers membedakan dua tipe belajar, yaitu kognitif (kebermaknaan) dan signifikan guru menghubungkan pengetahuan akademik ke dalam pengetahuan terpakai seperti mempelajari mesin dengan tujuan untuk memperbaiki mobil. Pembelajaran yang menunjuk pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan siswa. Prakteknya dalam dunia pendidikan yaitu dengan menggabungkan kognitif dan efektif siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

studi-arab

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ilmiah Studi Arab ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta Pasuruan dengan masa terbit dua kali dalam setahun. Jurnal ini berisi kajian-kajian kearaban, baik terkait pemikiran, pendidikan, hukum, politik, ekonomi, sosial, maupun budaya ...