Bio-Lectura
Vol. 4 No. 1 (2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMAN 13 PEKANBARU T.A 2016/2017

Raudhah Awal (Unknown)
Sutriana Sutriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic berbasis lingkungan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Januari 2017. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan the matching-only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian siswa kelas X3 dan X4 dengan teknik pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji-t. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0.72 (kategori tinggi) dan pada kelas kontrol 0.53 (kategori sedang). Berdasarkan uji-t nilai N-Gain maka diambil keputusan tolak H0 yang artinya berbeda signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic berbasis lingkungan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMAN Negeri 13 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...