Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 2, No 2 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG KETRAMPILAN START JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL KELAS X EA SEMESTER 1 SMK NEGERI 2 BOGOR TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Budi Siswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2017

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu perlunya peningkatan kemampuan peserta didik dalam pemecahan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang start jongkok dengan menggunakan Metode Drill di kelas X EA semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017 SMK Negeri Kota Bogor. (2) Menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang passing bawah start jongkok sebelum dan sesudah menggunakan Metode Drill di kelas X EA semester 1 Tahun Pelajaran 2016-2017 SMK Negeri 2 Kota Bogor. (3) Mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Start Jongkok setelah menggunakan Metode Drill di kelas X TIA semester 1 Tahun Ajaran 2016-2017 SMK Negeri 2 Kota Bogor. Metode penelitian ini menggunakan classroom action research. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran Metode Drill dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada materi start jongkok di kelas X EA SMK Negeri 2 BOGOR dengan menggunakan media pembelajaran Metode Drill. Penggunaan Metode Drill dalam pembelajaran membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 50% atau 20 peserta didik yang aktif, 30% atau 12 peserta didik yang cukup aktif dan 20% atau 8 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 80% atau 28 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 80% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik. Hasil belajar mata pelajaran PJOK khususnya materi mempraktekkan materi star jongkok di kelas X EA SMK Negeri 2 BOGOR sebelum menggunakan media pembelajaran Metode Drill mempunyai nilai ratarata 61,67. Pada saat pembelajaran diubah menggunakan Metode Drill, rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 70,10 pada siklus I dan 78,05 pada siklus II.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...