Al-Infaq : Jurnal Ekonomi Islam
Vol 6, No 2 (2015)

STRATEGI PEMASARAN FUNDING OFFICER DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI BPRS AMANAH UMMAH

Nawawi, M. Kholil (Unknown)
Pauji, Abdul (Unknown)
Hakiem, Hilman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Funding Officer dalam menghimpundana, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan minat nasabah, dan bagaimana dampak Strategi Pemasaran terhadap peningkatan minat nasabah di BPRS Amanah Ummah. Keberadaan strategi sangat penting dalam memasarkan produk.Sebaik apapun segmentasi, pasar sasaran, dan posisi pasar yang dilakukan, tidak akan berjalan jika tidak diikuti dengan strategi yang tepat. Strategi adalah langkah-langkah yang harus dijalankan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan. Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti sosial, budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Strategi pemasaran adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk mengambil alih keputusan secara matang guna mendapatkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, maupun persiapan yang matang terhadap kesiapan-kesiapan yang akan dilakukannya nanti. Semua hal yang dilakukan ini untuk mendapatkan keinginan dan kebutuhan yang akan dicapai.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, yaitu suatu metode pendekatan yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan data yang relevan yang diperoleh dari situasi alamiah. Desain penelitian tidak dapat dipastikan diawal mengingat data yang digunakan masih bersifat mentah sehingga peneliti tidak mengetahui dengan pasti kondisi di lapangan. Proses pengumpulan data yang dilakukan antara lain berupa wawancara dengan Funding Officer (Fo Marketing) dan Nasabah, dokumentasi dan arsip BPRS Amanah Ummah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh funding officer memberikan hasil yang baik, dari hasil yang dilakukan di lapangan, kepuasan, dan pelayanan yang baik, dan strategi marketing mix yang diterapkan berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran.Marketing mix terdiri dari Produk, Price, Place, Promotion dan Service. Semua ini diterapkan guna pencapaian peningkatan minat nasabah di BPRS Amanah Ummah dalam menabung maupun transaksi lainnya.

Copyrights © 2015