Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruhpembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode eksperimen kuasieksperimen dengan bentuk Randomized Control Group Pretest-Postes Design.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Cigugur Kuningan. Dari hasil pretes danposttest diperoleh rata-rata nilai pretest kelas kontrol lebih besar dari pada rata-ratanilai pretest kelas eksperimen dengan selisih 0,05. Sedangkan setelah diberikanpostes diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih besar daripada rata-ratanilai postes kelas kontrol dengan selisih 5,21. Berdasarkan hasil uji normalitas danhomogenitas, diketahui bahwa kedua data preteset dan posttest berdistribusi normaldan homogen. Hasil Uji Perbedaan Rata-rata Skor Pretes signifikansi sebesar 0,930yang artinya lebih besar dari ? = 0,05. Sehingga H0 diterima, artinya rataankemampuan awal literasi matematis siswa pada kelompok eksperimen sama denganrataan kemampuan awal siswa pada kelompok kontrol. Sedangkan untuk data posteskemampuan literasi matematis sebesar 0,000. Jika diambil ? =0,05 maka Asymp.Sig(1-tailed) < ? sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya hipotesis penelitian diterima,bahwa : kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakanpembelajaran kontekstual lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajarankonvensional. Sedangkan peningkatan kemampuan literasi matematika yang dicapaioleh kelas kontrol dengan kriteria peningkatan rendah. Maka dapat dikatakanpeningkatan kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari padakelas kontrol. Dengan demikian pembelajaran kontekstual dapat meningkatkankemampuan literasi matematika siswa. Selain itu juga, respon yang diberikan olehsiswa pun sangat baik sehingga pembelajaran kontekstual dapat dijadikan suatualternative pembelajaran bagi guru matematika.
Copyrights © 2015