Penerapan Model Pembelajaran Auditory,Intellectually, Repetition (AIR) dalam Upaya Peningkatan Kemampuan PenalaranMatematis Siswa MTs. Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya untuk meningkatkankemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaranAuditory, Intellectually, Repetition (AIR). Melalui metode eksperimen diperoleh hasiltes awal kelas kontrol dengan nilai rata-rata 4,55 dan nilai rata-rata kelas eksperimen4,01. Sedangkan pada tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 17,47 dan kelaseksperimen 22,74. Dari hasil analisis data awal dan data akhir sampel dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan modelpembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) lebih baik daripada kemampuanpenalaran matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung.Adapun peningkatan kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen beradapada kategori sedang Selain itu dari hasil angket respon siswa, diketahui bahwa siswamenunjukkan respon positif terhadap model pembelajaran AIR.
Copyrights © 2016