JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI NARRATIVE TEXT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DIKELAS IX 3 SMPN 3 PASIR PENYU TP.2016/2017

Sri Puji Lestari (Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah tentang penggunaan Audio Visual Media untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Penggunaan media Audio Visual ditujukan untuk mendapatkan perhatian siswa dan untuk merangsang otak siswa melalui mendengarkan dan melihat. Berdasarkan refleksi dari pelajaran sebelumnya, karena kekurangan alat bantu, pelajaran tentang "Narrative Text" hanya ditunjukkan melalui cerita. Dalam membuat perhatian siswa dan prestasi belajar menjadi rendah (tingkat kelas adalah 69, sedangkan KKM adalah 75). Penyebab utama kegagalannya adalah proses belajar mengajar tidak menarik dan monoton,. Oleh karena itu, penulis telah melakukan penelitian menggunakan media Audio Visual. Para subjects dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas IX3 SMP Negeri 3 Pasir Penyu pada tahun akademik 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari prestasi siswa pada siklus 1 dari 69,9 (sebelum penelitian) menjadi 74,4 dan 77,42% siswa dapat memperoleh skor KKM adalah 83,00 dan 96, 77% para siswa dapat menguasai pelajaran tanpa sesi perbaikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...