JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 2 (2018): August 2018

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA IISISWA KELAS V

Ekawati, Mona (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari rendahnya hasil belajar siswa kelas V Tema I Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengetahui hasil belajar Tema II siswa dilakukan ulangan harian setelah menyelesaikan setiap satu siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan I siklus 1 rata-rata aktivitas guru 85,72% kategori baik, pada pertemuan 2 siklus I menjadi 89,29 %% kategori baik sekali. Pada pertemuan 3 siklus I menjadi 92,86% kategori baik sekalidan pada pertemuan 1 siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,86% kategori baik sekali. Pada pertemuan 2 siklus II rata-rata aktivitas guru 96,43% kategori baik seklai. Pada pertemuan 3 siklus II rata-rata aktivitas guru menjadi 96,43% kategori baik sekali. Pada pertemuan I siklus I aktivitas siswa 78,57% kategori baik dan pada pertemuan 2 siklus I mengalami peningkatan menjadi 85,72% kategori baik sekali.pada pertemuan 3 siklus I aktivitas siswa 89,28% kategori baik sekali. Ketuntasan hasil belajar Tema II siswa kelas V berdasarkan ulangan harian siklus I75,86%. Pada siklus 2 menjadi 91,10%. Data ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tema II siswa kelas V SDS IT Mutiara tahun pelajaran 2017/2018

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...