Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 7, No 2 (2018)

Pengaruh Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pelajaran Al-Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya

Nazilatur Rohmah (Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University)
Rusman Rusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pelaksanaanmetodeEdutainment di SMP Muhammadiyah7 Surabaya. Hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Islam. Pengaruh pelaksanaan Metode Edutainment terhadap hasil belajar siswaPenelitian ini menggunakan metode edutainmentdengan desain penelitian kuantitatif one-group pretes-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angkettes dengan soal. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei 2017 hingga juni 2017. Uji validitas angket pendapat siswa menggunakan rumus korelasi Product Moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode edutainment dalam meningkatkan hasil belajar pada materi shalat jamaah, shalat munfarid, shalat jama’ dan qhashar dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan materi al-islam kemudian guru menyiapkan permainan (game) dengan media kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban, setelah itu setiap siswa membacakan kartu yang didapat berupa pertanyaan kemudian mencari pasangan atau jawabnnya, siswa yang sudah menemukan jawaban yang cocok akan menempelkan di media yang telah disediakan guru, guru memberi reward bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode edutainmentmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 surabaya, pada pelajaran Al-Islam materi shalat jamaah, shalat munfarid, shalat jama’ dan qhashar dari hasil angket pendapatan siswa melalui pretest sebanyak 78,16 dan posttest sebanyak 85,66.Adanya pengaruh metode edutainment dalam meningkatkan hasil pembebelajaran siswa pada pelajaran al-islam kelas vii di SMP Muhamamdiyah 7 Surabaya. Berdasarkananalisis data statistic denganproduct moment hasilnya 0,73tergolongtinggi/kuat. dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan metode edutainment, itu artinya metode edutainment dapat member pengaruh pada hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...