IJMS - Indonesian Journal on Medical Science
Vol 3, No 1 (2016): IJMS - 2016

FAKTOR PELAYANAN KEFARMASIAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN KESEHATAN PHARMACEUTICAL SERVICES FACTOR in INCREASING PATIENT SATISFACTION in HEALTH CARE

Rahmawati, Imas Nurul ( Prodi Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia)
Wahyuningsih, Sri Saptuti ( Prodi Farmasi Poltekkes Bhakti Mulia)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2016

Abstract

Abstract: Hospital has important role to increase the health of society.  Pharmacy service is a part  which can’t be separated from the service system in the hospital which has orientation for patient’s service, high quality medicine supply include the affordable pharmacy service for all of the society.  Consumer’s needs and desire in this case is very important . Health service infrastructure is hoped can understand those things, in order patient’s satisfaction can be reached. The aim of this research was to know if there is a relation between pharmacy service and patient’s satisfaction in PKU Muhammadiyah Wonogiri hospital. This research is a Observational Analytic Quantitative research with Cross Sectional  approaching. Population is took from the patient of PKU Muhammadiyah Wonogiri for about 40 respondents. That use Sampling Incidental Technique. Data analysis with pre-requisite test is data normality test and linearity test, then hypothesis test with Product Moment. There is a positive relation and significant between pharmacy and patient’s satisfaction with the value of the signification is 0,006. There is a positive relation and significant between pharmacy and patient’s satisfaction in PKU Muhammadiyah Wonogiri hospital.Key word: Pharmaceutical care, level of satisfaction Abstrak: Rumah sakit mempunyai peranan yang penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan kefarmasian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan di rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal ini adalah pasien merupakan hal yang sangat penting. Sarana pelayanan kesehatan diharapkan dapat memahami hal tersebut, agar kepuasan pasien dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Analitik Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi  diambil dari pasien rawat jalan dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri sebanyak 40 responden. Dimana teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Sampling Incidental. Analisis data dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dan uji linearitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesa dengan Product Moment. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien dengan nilai signifikasi sebesar 0,006. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri.Kata kunci : Pelayanan kefarmasian, tingkat kepuasan

Copyrights © 2016