International Journal of Elementary Education
Vol 2, No 4 (2018)

Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPS

Nuryani, Siti (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Bentuk  pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIC SDN Sendangmulyo 02 tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas III. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,25 dan tes akhir posttest dengan nilai rata-rata sebesar 85,50. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle . Ada perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model pembelajaran Teams Game Tournament  berbantu media Puzzle kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...