Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Bentuk pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIC SDN Sendangmulyo 02 tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas III. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,25 dan tes akhir posttest dengan nilai rata-rata sebesar 85,50. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle . Ada perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang
Copyrights © 2018