Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol 2, No 1 (2014)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS SMA N 1 Singaraja Kabupaten Buleleng Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Saputra, Agus Dita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2014

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam pola siklus. Artinya siklus selanjutnya akan ditentukan berdasarkan siklus sebelumnya, sampai diperoleh hasil yang diharapkan. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa siklus, tiap siklus akan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama, kedua, dan ke tiga untuk pembahasan materi, sedangkan pertemuan ke empat untuk pemberian tes evaluasi dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT)  dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA N 1 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar ekonomi yaitu Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33,33% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,22, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 91,70% rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90,22. Dari siklus I hingga siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,37%. Kata kunci: Kooperatif, Numbered Head Together (NHT)

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EKU

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. ...