Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 1, No 2 (2013): Edisi Juli 2013

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN: INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA

Putra, IGNA Dharma (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2013

Abstract

Permasalahan yang dirasakan oleh siswa kelas VI di SDN 2 Blahbatuh dalam mengikuti prosespembelajaran khususnya pada pelajaran IPA adalah terlalu monotonnya pelaksanaan prosespembelajaran, yaitu dalam penggunaan metode dan media. Metode yang dominan digunakan hanyaceramah dan tanya jawab. Sedangkan medianya hanya papan tulis dan spidol. Akibatnya munculkecenderungan siswa tidak senang dengan pelajaran IPA sehingga nilainya di bawah rata-rata.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembelajaran IPA yang layak pakai sesuaidengan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta mampu memberikan motivasi pada siswa dalam belajarsecara individual (mandiri) dan 2) mengetahui kualitas hasil pengembangan video pembelajaran menurutreview para ahli dan uji coba produk.Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Data tentang kualitasproduk pengembangan ini dikumpulkan dengan metode angket yang selanjutnya dianalisis denganteknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek review terdiri dari satuahli isi mata pelajaran IPA, dan satu ahli desain pembelajaran, sedangkan subjek uji coba peroranganterdiri dari enam siswa.Hasil penelitian ini adalah video pembelajaran layak pakai sesuai dengan karakteristik siswa.Kualitas video pembelajaran yang dikembangkan sangat baik. Hasil validasi data menunjukkan tingkatpencapaian video pembelajaran ini adalah (1) ahli isi mata pelajaran dengan tingkat pencapaian dalamkategori sangat baik (92%), (2) ahli desain pembelajaran dengan tingkat pencapaian dalam kategorisangat baik (90%), (3) uji coba perorangan dengan tingkat pencapaian dalam kategori sangat baik(89%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan video pembelajaran dapat digunakan di SDN 2Blahbatuh kelas VI semester II.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...