Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 1, No 2 (2013): Edisi Juli 2013

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER I DI SMP TP 45 SUKASADA

L. P. Putrini Mahadewi, N. Subana, I D. K. Tastra, (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2013

Abstract

Multimedia interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalahmultimedia yang belum ada dan perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan desain pengembangan multimedia interaktif dengan model ADDIE padamata pelajaran IPA kelas VII semester I di SMP TP 45 Sukasada tahun pelajaran2012/2013. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas hasilpengembangan multimedia interaktif dengan model ADDIE pada mata pelajaran IPAkelas VII semester I di SMP TP 45 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013, menurut reviewahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Penelitian iniadalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah modelADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Adapun subyekvalidasi terdiri dari seorang ahli isi mata pelajaran, seorang ahli desain pembelajaran,seorang ahli media pembelajaran, enam siswa untuk uji coba perorangan, dua belassiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh siswa untuk uji coba lapangan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan dokumen dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknikanalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah multimedia interaktif yangdikembangkan berdasarkan desain (storyboard) yang dirancang. Validitas multimediainteraktif adalah: (1) menurut review ahli isi mata pelajaran menunjukkan kategori sangatbaik (92%), (2) menurut review ahli desain pembelajaran berada pada kategori baik(88%), (3) menurut review ahli media pembelajaran menunjukkan kategori baik (86,67%),(4) berdasarkan uji coba perorangan menunjukkan kategori baik (83%), (5) berdasarkanuji coba kelompok kecil berada pada kategori baik (82,33%), dan (6) berdasarkan ujicoba lapangan menunjukkan kategori baik (80,6%). Dengan demikian multimediainteraktif ini tidak perlu direvisi dan digunakan untuk penelitian lebih lanjut.Kata kunci: pengembangan, multimedia, multimedia interaktif, model ADDIE

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...