Untuk dapat mempelajari IPA dengan baik, siswaharus memiliki motivasi yang tinggi.Oleh sebab itu seorang guru harus mampu mencari media yang mendukung proses pembelajaran, menggunakan metode dan strategi yang menarik sehingga siswa senag dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IX.1 Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Listrik Dinamis Melalui Penggunaan Media Pembelajara Virtual Listrik Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa khususnya pada materi listrik dinamis. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.1Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah angket motivasi yang diberikan pada siswa tiap siklusnya. Dalam mengolah data digunakan teknik analisis deskriptif yaitu untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa tiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi siswa setiap siklusnya. Peneliti sudah sesuai memenuhi harapan karena seluruh siswa memiliki perubahan motivasi yang positif dan jumlah siswa yang mempunyai rerata skor motivasi tinggi dan sangat tinggi sudah mencapai 75.8 %.
Copyrights © 2018