Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Vol 1, No 1 (2016): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA GURU

Irfan Ahmad Zain (Jurusan PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2016

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang selalu berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh guru bidang studi pendidikan agama Islam.penelitian in bertujuan untuk membuktikan bahwa keterampilan guru dalam memberikan pertanyaan kepada siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.Metode yang digunkana dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua kali sklus dan setiap siklusnya satu kali tindakan. Hasil penelitian membuktikan, Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan keterampilan bertanya guru, hasil belajar siswa tentang surat At-Tin mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasikal dari pre-test ke siklus I kemudian mengalami peningkatan yang cukup signifikan padas iklus ke II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

atthulab

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal merupakan Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertujuan untuk mewadahi para dosen, para peneliti dan pendidik Agama Islam di sekolah/madrasah dalam mempublikasikan hasil penelitian ...