Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Teladan Vol.1 No.1 Mei 2016

PEMBELAJARAN SASTRA: Prinsip, Konsep, dan Model Pembelajaran Sastra

Suhariyadi Suhariyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2016

Abstract

Tulisan ini hendak memberikan penjelasan sebagai hasil studi kepustakaan tentang prinsip-prinsip dasar pembelajaran sastra dan konsep dasarnya. Prinsip-prinsip dan konsep dasar tersebut diharapkan dapat memberikan landasan filosofis dan operasionalnya. Lebih lanjut pengajar sastra akan secara optimal membelajarkan siswa tentang sastra sesuai dengan hakikatnya sebagai dunia imajinatif dan kreatif (fiktif). Berdasarkan studi kepustakaan diperoleh kesimpulah: pembelajaran sastra hendaknya terfokus kepada perolehan pengalaman langsung yang didapat siswa ketika berinteraksi dengan karya sastra. Pengalaman langsung tersebut dapat berupa membaca dan menulis karya sastra. Kecenderungan pembelajaran sastra yang selama ini terjadi dengan memberikan fakta-fakta, konsep-konsep, dan pengertian-pengertian, justru menjauhkan hakikat pembelajaran sastra itu sendiri.

Copyrights © 2016