PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol 1 No 2 (2015): Volume 1 Nomor 2 Tahun 2015

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II PADA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARKAN MELALUI KEGIATAN KOMIDI PUTAR DISKUSI

BASUKI, SLAMET (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan ketrampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali isidongeng. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, adalah penelitian yang bertujuanmeningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapanperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I hari, tanggal : Rabu, 4 Maret 2015 dansiklus II hari, tanggal : Rabu, 11 Maret 2015.Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja. Teknik analisa data yang digunakanyaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai. Siklus I terdapat 16,66% yang tergolong kategori sangat baik, 27, 77% kategori baik. Untuk kategori sedang dan kurang terdapat16,66%. Kategori sangat kurang 22, 22%. Pada siklus II terdapat 27,77% kategori sangat baik, pada kategoribaik terjadi peningkatan menjadi 47, 22%. Untuk kategori sedang 19,44% dan 5,55% kategori kurang. Dapatdisimpulkan kegiatan komidi putar diskusi  meningkatkan keterampilan siswaKata kunci : Keterampilan berbicara, dongeng, komidi putar diskusi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pinus

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Pinus is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...