PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol 1 (2015): Pijar Nusantara Volume 1 Nomor 2 April 2015

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENANYA DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 KEDIRI

YOESOEF, ACHMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2015

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menanya dan penguasaan konsep fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri dalam belajar fisika menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan menanya dan hasil tes tiap siklus. Penerapan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan menanya dan penguasaan konsep fisika. Hasil analisis selama proses pembelajaran siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menanya siswa. Pada tingkatan kognitif lebih rendah   (1) remember meningkat 31.141%. Siswa sudah meningggalkan pertanyaan yang bobotnya mengingat. (2) understand meningkat 7,017%. (3) apply meningkat 7,017%. Pada tingkatan kognitif lebih tinggi (4) analyze meningkat 5,848%, (5) evaluate meningkat 2,924%. (6) create 0. Siswa masih perlu dilatih untuk menunjukkan kemampuan menanya tingkatan kognitif yang paling tinggi create.Simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menanya siswa. 2) Pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.   Kata kunci: problem based learning, kemampuan menanya, penguasaan konsep

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pinus

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Pinus is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...