PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol 4 No 1 (2018): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2018

Hipnoterapi Teknik Part Therapy Untuk Menangani Siswa Kecewa Akibat Putus Hubungan Cinta Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Atrup, Atrup (Unknown)
Anisa, Yulita Puspa Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2018

Abstract

Bagi sebagian orang putus hubungan cinta bisa jadi tidak memunculkan permasalahan, akan tetapi bagi seseorang tertentu memunculkan permasalahan serius dan bahkan berdampak pada suasana kejiwaan seperti kurangnya konsentrasi belajar yang berakibat pada turunnya hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan hipnoterapi teknik parts therapy efektif untuk menyelesaikan masalah siswa yang kecewa akibat mengalami putus hubungan cinta?.Penelitian ini menggunakan desain SSD (Single Subject Design) atau SSR (Single Subject Research). Subyek penelitian sebanyak 2 siswa yaitu DL dan FN yang berasal dari kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan dalam 6 kali pertemuan yang terangkum dalam kegiatan-kegiatan pengumpulan data baseline masing-masing terhadap DN dan FN sebanyak 3 kali dan pengumpulan data-data intervensi sebanyak 3 kali. Proses pengentasan masalah (intervensi) berbasis hipnoterapi teknik parts therapy, untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan angket dengan hasil sebagai berikut: DL memiliki skor 88%; 78%; dan 71% pada tahap baseline dan 55%; 42%; dan 33% pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Sedangkan FN memiliki skor 88%; 74%; dan 74% pada tahap baseline dan 69%; 52%; dan 44% pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%.Kesimpulan hasil penelitian, bahwa penerapanhipnoterapiteknikparts therapy efektif untuk menangani siswa yang kecewa akibat putus hubunga ncinta. Berdasarkan simpulan di atas, disarankan kepada guru bk dan konselor sekolah dapat menggunakan hipnoterapi parts therapy technique untuk menangani siswa yang kecewa akibat putus hubungan cinta.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pinus

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Pinus is a peer review journal published by Research institutions and community service, The University of Nusantara PGRI Kediri. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of ...