Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis bahasa Arab di Prodi PBA STAIN Kudus, 2) mengidentifikasi bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN Kudus, 3) mengidentifikasi hambatan mahasiswa  dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN  Kudus.  Metode  penelitian yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode  kualitatif dengan  human instrument sebagai instrumen utama.  Dalam pelaksanaannya, peneliti juga menggunakan instrumen bantu  seperti pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, dan ceklis kesalahan tulis mahasiswa.Hasil  yang ditemukan dalam penelitian ini  antara  lain  1) Realitas pembelajaran menulis Arab telah sesuai dengan tahapan pembelajaran yakni pra menulis, penulisan, dan pasca penulisan, 2) Peta bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama  secara berurutan  adalah tarkiib washfi 23,3 %, tarkiib idlafiy 20 %, tarkiib isnaadiy 16,7 %, dan tarkiib ‘adadiy 13,3 %, adapun sisanya sebesar  26,7 % adalah kendala dalam diksi  yang memuat  beberapa  kategori morfologi. 3) Hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar kitabah dapat berupa hambatan psikologis, hambatan pedagogis, dan hambatan linguistis.
Copyrights © 2018