Salah satu alternatif strategi pemasaran yang dilakukan oleh Swalayan Palem Store adalah pemberian diskon atau potongan harga untuk produk-produk tertentu dalam periode waktu tertentu. Penentuan produk diskon harus dilakukan dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Kesalahan dalam penentuan produk diskon membuat swalayan kehilangan keuntungan bahkan mengalami kerugian. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sistem Pedukung Keputusan (SPK) dapat membantu pimpinan swalayan dalam mengambil keputusan untuk menentukan produk diskon yang tepat dan meningkatkan efesiensi keputusan tersebut. Sistem pendukung keputusan memiliki beberapa tahapan sebelum menyelesaikan permasalahan yang ada. Tahapan-tahapan tersebut antara lain studi kelayakan, perancangan, pemilihan dan implementasi.The Extended Promethee (EXPROM II) merupakan salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis multikriteria. EXPROM II membandingkan alternatif yang satu dengan alternatif yang lainnya dan menghitung jarak selisih alternatif berpasangan sehingga menghasilkan output yaitu perangkingan alternatif berdasarkan nilai net flow tertinggi. Penentuan produk diskon yang tepat dan efektif memberikan dampak positif untuk swalayan karena dapat meningkatkan penjualan secara keseluruhan.
Copyrights © 2017