Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara

Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Geometri Ruang

aviory, koryna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Geometri Ruang. Sampel penelitian adalah A1 yang dikenai model pembelajaran CTL dan A3 yang dikenai model pembelajaran kooperatif. Sebelum dilakukan penelitian, kedua kelas dilakukan uji kesetimbangan dengan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil dari uji kesetimbangan menyatakan bahwa kelas dalam keadaan setimbang, dengan p-value = 0,271 > = 0,05. Data posttest dianalisis dengan statistik parametrik (independent sample t-test), dengan asumsi normal dan homogen. Hasil penelitian dengan statistik uji t-test menyatakan bahwa rerata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rerata kelas kontrol, p-value = 0,008 < = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada mata kuliah Geometri Ruang. Kata kunci : CTL dan pemahaman konsep

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...