Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2017): Volume 3 No 1 Tahun 2017

Perangkat Pembelajaran 4D Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio: Video Animasi: Pengembangan Perangkat Pembelajaran 4D

Jatmiko Jatmiko (Unknown)
Feny Rita Fiantika (UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan tulisan ini adalah menuliskan laporan rekam jejak pembuatan video animasi 3D Portofolio tahap define dan design. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis video 3D portofolio yang digunakan dalam penelitian pengembangan perangkat ini adalah menggunakan teori pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan (Thiagarajan, Semmel dan Semmel, 1974: 5) yang dikenal dengan Four - D Model atau model 4-D. Model ini terdiri atas empat tahap, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perencaaan), Develop (pengembangan), dan Desseminate (pendiseminasian). Adapun alasan penulis memilih model pengembangan Thiagarajan untuk dipakai dalam penelitian ini karena model tersebut terperinci dan sistematis sehingga memudahkan dalam melakukan proses pengembangan perangkat dan instrumen. Namun demikian model tersebut dimodifikasi sehingga yang digunakan dalam penelitian ini hanya memuat: Define, Design, dan Develop. Modifikasi yang dilakukan meliputi: 1) analisis tugas dilakukan setelah analisis konsep/topik, 2) perancangan awal didahului oleh perancangan instrumen, dan 3) penyederhanaan langkah-langkah pada tahap pengembangan (develop).Ada 3 tahapan pembuatan video animasi 3 dimensi Portofolio yaitu menggambar sketsa 2 dimensi dengan menggunakan program autocad dan google sketchup, merender gambar 2 dimensi ke 3 dimensi dengan menggunakan program lumion dan mengedit video dengan menggunakan adobe after effect.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...