Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 2 No 02 (2016): volume 2 no 2 tahun 2016

Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika

lina Rihatul Hima (Unknown)
Khomsatun Ni’mah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2016

Abstract

Abstrak. Kemampuan komunikasi matematik merupakan kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan maupun tulisan, menggambarkan secara visual serta kemampuan dalam mnggunakan istilah-istilah dan notasi-notasi matematika untuk menyajikan ide matematis melalui tulisan. Untuk memunculkankemampuan komunikasi matematik, akan dibuat media yang berupa komik. Komik tersebut mengandung materi-materi matematika yang dikemas apik sehingga membuat siswa tertarik. Komik yang dimaksud disebut dengan komik matematika. Komik matematika merupakan media pembelajaran menyajikan materi pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk sebuah komik dan memiliki sebuah alur seolahmenjadi sebuah cerita yang berhubungan dengan materi matematika. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana membangun komunikasi matematis siswa menggunakan media komik dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara membangun komunikasi matematis siswa menggunakan media komik dalam pembelajaran matematika. Dilihatdari permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini penulis akan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pola penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Balongmojo kec. Puri Mojokerto yang beralamatkan di Dusun Setoyo, Desa Balongmojo, kec. Puri Kabupaten Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang setelah diterapkan penggunaan komik matematika yaitu: Kemampuan komunikasi matematik siswa yang tergolong dalam kemampuan tinggi subjek NF dan SP, kemampuan sedang adalah subjek DR, IR dan RR dalam menyelesaikan soal bangun ruang termasuk kriteria baik. Kemampuan komunikasi metematik siswa yang tergolong dalam kemampuan rendah adalah subjek HS. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematika, komik matematika

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...