Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2015)

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KEDIRI

Dian Devita Yohanie Yohanie (Pendidikan Matematika FKIP UNP Kediri)



Article Info

Publish Date
25 May 2015

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran matematika yang terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif, sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Masalah tersebut disebabkan karena motivasi belajar matematika siswa yang masih kurang, sehingga penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik menyebabkan hasil belajar matematika yang tinggi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui  (1) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung? (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran mind mapping dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket, uji hipotesis uji analisis varian dua jalan. Berdasarkan dari analisis data, diperoleh bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar, Motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...