Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2016)

KESADARAN STRUKTUR MATEMATIS ANAK PRA SEKOLAH PADA AKTIVITAS POLA

Khomsatun Ni’mah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2016

Abstract

Penelitian akhir-akhir ini memusatkan perhatian pada pengembangan struktur pemikiran matematika anak-anak prasekolah, termasuk diantaranya aljabar awal. Ada semakin banyak bukti yang menyatakan bahwa kesadaran struktur matematika sangat penting untuk kompetensi matematika di kalangan anak-anak prasekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesadaran anak prasekolah pada aktivitas pola. Pada penelitian ini menyediakan bukti pendukung yang diambil dari KB-TK ‘Aisyiyah Nganjuk kelas A sebanyak 3 anak, diantaranya 1 anak dengan kemampuan tinggi, 1 anak dengan kemampuan sedang, dan 1 anak dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama,  anak-anak memiliki pemahaman yang secara signifikan lebih besar dari repeating pattern daripada growing pattern. Growing pattern lebih sulit daripada repeating pattern. Kedua, banyak dari anak-anak prasekolah melihat repeating pattern memiliki titik awal tertentu, menyiratkan bahwa mereka tidak melihat repeating pattern sebagai perluasan di kedua arah. Mereka menganggap bahwa pola AB berbeda dengan pola BA. Ketiga, anak-anak prasekolah dapat mengungkapkan generalisasi pola. Kata Kunci: kesadaran, struktur, anak prasekolah, aktivitas pola

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...