Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Mengarang Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN Sibalago Kecamatan Toribulu

Nazli, Nazli (Unknown)
Karim, Ali (Unknown)
Zulianto, Sugit (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah kemampuan mengarang siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar pada kelas V SDN Sibalago Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa melalui penggunaan media gambar pada kelas V SDN Sibalago Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian sebanyak 19 siswa, 7 siswa putri dan 12 siswa putra. Tehnik pengambilan data menggunakan instrumen tes unjuk kerja, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengarang siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 49.0% kategori kurang, menjadi 84.6% kategori baik. Hasil observasi aktivitas  guru pada siklus I diperoleh rata-rata 54.2% termasuk kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76.6% kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 53.8%, kategori cukup, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 85.5%, kategori baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan mengarang siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas V SDN Sibalago Kecamtan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci: Kemampuan Mengarang, Media Gambar

Copyrights © 2018