Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 11 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Dua Angka Menggunakan Alat Peraga di Kelas I SD GKST Hanggira

Mentara, Nitaleni (Unknown)
Ismaimuza, Dasa (Unknown)
Anggraini, Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Masalah yang paling mendasar dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Peneliti menggunakan media alat peraga dalam pembelajaran. Penggunaan alat peraga ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD GKST Hanggira pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka. Desain penelitian adalah peneltian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Arikunto yang terdiri atas empat komponen yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah para siswa kelas I SD GKST Hanggira dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil observasi siklus I materi penjumlahan bilangan dua angka menunjukkan bahwa partisipasi siswa masih digolongkan pada kategori kurang sedangkan aktivitas guru telah berada pada kategori baik. Dari hasil tes akhir pada siklus I diperoleh hasil tuntas belajar klasikal 60%. Pada observasi siklus II materi pengurangan bilangan dua angka terlihat bahwa partisipasi siswa telah digolongkan pada kategori baik sedangkan aktivitas guru telah berada pada kategori sangat baik. Hasil tes akhir siklus II diperoleh tuntas belajar klasikal 93,33%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD GKST Hanggira pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka. Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar Siswa, Penjumlahan dan Pengurangan, Bilangan Dua Angka.

Copyrights © 2017