Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menggunakan kalimat tanya melalui metode latihan di kelas V SDN Watutinonggu Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas V SDN Watutinonggu menggunakan kalimat tanya melalui metode latihan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam siklus berulang. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) fase, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Nilai rata-rata kemampuan siswa pada siklus I yaitu 4 dengan persentase 49,07%, ketuntasan belajar 17%. Siklus II nilai rata-rata diperoleh 7 dengan persentase 78,70% dan ketuntasan belajar 100%. Dapat ditunjukkan bahwa melalui metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan kalimat tanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Watutinonggu. Kata Kunci: Kemampuan siswa, Kalimat Tanya, Metode Latihan
Copyrights © 2018