Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran PKn Dengan Menggunakan Media Gambar Di SDN Negeri Tombi

Fitrianti, Fitrianti (Unknown)
Gagaramusu, Yusdin (Unknown)
Kapile, Charles (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas III, Karena kegiatan pembelajaran IPS, guru cenderung menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan dan menerima materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran IPS, siswa seringkali terlihat jenuh/bosan. Ternyata dalam pembelajaran IPS masih terdapat siswa yang belum berhasil, seperti kenyataan yang kami peroleh di kelas III SD Negeri Tombi, sehingga cara guru dalam mengajarkan materi tidak hanya dengan ceramah monoton, namun harus melibatkan siswa secara aktif dan partisipatif dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam proses pembelajaran. dengan penerapan metode media gambar pada siswa kelas III SD Negeri Tombi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II, di mana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Tombi yang berjumlah 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode media gambar Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II dengan menerapkan pembelajaran dengan penggunaan media gambar maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SD Negeri Tombi. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dan guru yang mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II, dengan media gambar yang diterapkan oleh peneliti. Ketuntasan klasikal siklus I adalah 62,07% dan siklus II sebesar 93,10%. Sedangkan daya serap klasikal siklus I adalah 69,24% dan siklus II sebesar 80,28%, sudah mencapai kriteria sangat baik. Hal-hal di atas sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kata Kunci: Media Gambar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS.

Copyrights © 2018