Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Hasil Belajar IPS Dalam Pemanfaatan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV MI Al-Muhajirin Palu

Rebudiyanto, Bambang (Unknown)
Hasan, Hasan (Unknown)
Kapile, Charles (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Muhajirin Palu pada materi pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut, diantaranya:  1)  siswa kurang memahami konsep yang diajarkan dan 2) metode yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran membuat siswa kurang aktif. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, maka peneliti menerapkan pemanfaatan media gambar dalam mengajarkan materi pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode  pemanfaatan media gambar memungkinkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pengajaran tidak lagi terpusat pada guru tetapi pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Al-Muhajiein Palu? Untuk menjawab permasalahan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pemanfaatan media gambar. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah berupa data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang  diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes individu kepada siswa. Pada penelitian yang dilaksanakan, diperoleh hasil bahwa siswa kelas IV MI Al-Muhajirin Palu mengalami peningkatan daya serap klasikal 72,90% pada siklus I menjadi 90,16 pada siklus II. Peningkatan disebabkan karena peneliti lebih menekankan pada penguasaan konsep dengan pemanfaatkan media gambar. Sementara pada siklus I, peneliti belum menekankan pada konsep pemanfaatan media gambar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar IPS dalam Pemanfaatan Media Gambar

Copyrights © 2018