Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 8 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 PALASA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE PENGAMATAN

Salha, Salha (Unknown)
Nuraedah, Nuraedah (Unknown)
Nurvita, Nurvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Latar belakang masalah dilakukan penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Palasa kurang dalam pembelajaran IPS tentang sumber daya alam hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan belum tepat yaitu hanya menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pengamatan dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil analisis penilaian motivasi belajar disetiap siklus, pada siklus I hasil observasi aktivitas guru 75% (kriteria cukup), aktivitas siswa 66% (kriteria cukup) dan hasil analisis penilaian motivasi belajar yakni dari 44% (kriteria kurang) di pra tindakan menjadi 65% (cukup) setelah tindakan. Pada siklus II, skor observasi aktivitas guru yang diperoleh adalah 100% dengan kriteria sangat baik dan skor aktivitas siswa yang diperoleh 91% dengan kriteria sangat baik serta hasil analisis penilaian motivasi yang diperoleh adalah 93% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode pengamatan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Palasa. Kata kunci    : Metode Pengamatan; Motivasi Belajar; Sumber Daya Alam  

Copyrights © 2018