JURNAL SPASIAL
Vol 4, No 3 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 SUNGAYANG

Alimin, Alimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan  membahas tentang upaya meningkatkan  hasil belajar pada pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan melalui model  pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) siswa kelas XI IPS 2  di SMA Negeri 1 Sungayang. Jenis peneltian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Sungayang dengan jumlah siswa sebanayak 30 orang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis melalui persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD memiliki dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Sungayang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

spasial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Jurnal Spasial merupakan media publikasi ilmiah dengan skop jurnal adalah penelitian dan terapan ilmu geografi serta pendidikan geografi yang direview oleh dewan redaksi secara objektif dan diterbitkan dalam 4 kali setahun (Maret, Juni, September dan Desember). Fokus jurnal Spasial adalah untuk ...