Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya


PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANGRAU, UNIT PENDIDIKAN KECAMATAN BANYUMAS)

Riyanti Riyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2015

Abstract

ABSTRAK: Kemampuan menulis puisi siswa sekolah dasar di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas berdasarkan data yang ada masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis puisi pada siswa SD kelas kelas VI di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VI SD Negeri 4 dan 5 Karangrau. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t independen. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat diketahui bahwa nilai uji t motivasi menunjukkan angka 7,121 sedangkan nilaiĀ  t table pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan angka 2,021. Nilai t tes menulis puisi menunjukkan angka10,737 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan angka sebesar 2,021. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan kemampuan menulis puisi pada siswa Sekolah Dasar kelas VI di SD Negeri Karangrau, Kecamatan Banyumas. Kata kunci: model discovery learning, motivasi, menulis puisi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah ...