Wave deflector merupakan komponen pendukung pada kendaraan amfibi yang berfungsi untuk menghempaskan aliran fluida dari arah depan ke samping kendaraan sehingga meningkatkan faktor keselamatan pengendaraan kendaraan amfibi saat melakukan penyeberangan atau pendaratan dari kapal ke pantai. Saat ini desain kendaraan tembur beroda ban produk industri Hankam Indonesia belum dilengkapi Wave deflector. Oleh karenanya perlu dikaji dan dikembangkan desain konfigurasi Wave deflector yang memiliki nilai tahanan air yang optimal dan sesuai dengan mission requirements. Pada tulisan ini disampaikan hasil penelitian dan pengembangan (research & development) Wave delector yang tepat. Basis evaluasi hidrodinamika dilakukan dengan perhitungan kinerja tahanan (resistance) konfigurasi desain Wave deflector serta diuji melalui simulasi numerik efek Wave making yang terjadi dari 3 (tiga) tipe konfigurasi desain Wave deflector yang digunakan pada kendaraan tempur. Parameter evaluasi yang dijadikan referensi meliputi : faktor besaran tahanan air, kecepatan kendaraan, tinggi gelombang dan luasan permukaan wave deflector. Dari hasil simulasi numerik tersebut dapat dipilih kelayakan desain (feasibility design) wave deflector yang sesuai dengan karakteristik tempur beroda ban yang digunakan. Dengan penggunaan konfigurasi Wave deflector yang tepat, maka akan meningkatkan keselamatan pengendaraan kendaraan panser amfibi dilapangan. Kata kunci : Wave deflector, Resistance , Wave making, Ranpur amfibi
Copyrights © 2017