TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School
Vol 1, No 1 (2017): Teaching from the Perspective of Content Knowledge

Penerapan Model Personal System For Intruction Dalam Pembelajaran Aktivitas Melompat Guna Meningkatkan Kemandirian Siswa

Ruhyan, Rizqi Apriandi (Unknown)
Yudiana, Yunyun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model PSI (Personal System for Intruction) mampu meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran aktivitas melompat kelas V SDN Cikareo Kabupaten Cianjur. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Objek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Cikareo Kabupaten Cianjur yang berjumalah 28 orang siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model PSI (Personal System for Intruction) kemandirian siswa dalam pembelajaran aktivitas melompat meningkat di setiap siklusnya, baik siklus I, maupun siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I tindakan I 55,58%, tindakan II 65,40%, dan mengalami peningkatan pada siklus selanjutnya yaitu pada siklus II tindakan I 73,88%, tindakan II 80,80%, sehingga dari data tersebut disimpulkan bahwa dengan diberikannya penerapan model PSI (Personal System for Intruction) kemandirian siswa dalam pembelajaran aktivitas melompat meningkat.

Copyrights © 2017