Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 6, No 2 (2018)

Profil Literasi Konsep Fisika Peserta Didik Pada Mitigasi Bencana Hujan Es Antapani

Tirto Atmojo (UIN SGD Bandung)
Chaerul Rochman (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung)
Dindin Nasrudin (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2018

Abstract

Pembelajaran fisika berorientasi dari fenomena alam. Fenomena alam akan lebih bermakna jika terjadi di sekitar lingkungan peserta didik, sehingga peserta didik harus memiliki literate terhadap fenomena alam sekitar.  Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan profil literasi konsep fisika peserta didik tentang hujan es di kecamatan Antapani. Metode yang digunakan adalah metode pre experiment dengan one shoot test design. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen literasi berisi 4 pertanyaan mengenai proses, konsep, konteks dan sikap terbaik  kepada peserta didik dalam menanggapi fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil literasi sains peserta didik terhadap hujan es di Antapani secara keseluruhan masih dalam kategori rendah. Rata-rata nilai keseluruhan peserta didik pada sekolah terdekat adalah 2,02 dan pada sekolah terjauh adalah 2,22. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan awal untuk penyusunan bahan pengayaan tentang materi fisika terkait bencana hujan es di kecamatan Antapani.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...