KOMPUTEK
Vol 2, No 1 (2018): April

SENTIMEN ANALISIS TWITTER TERHADAP PENYELENGGARAAN GOJEK TRAVELOKA LIGA 1 INDONESIA

Wahyu Setyobudi (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Aslan Alwi (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Indah Puji Astuti (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2018

Abstract

Sepakbola adalah olahraga yang sangat disukai di Indonesia. Salah satu cara masyarakat Indonesia menikmati sepakbola adalah dengan menyaksikan Liga sepakbola dalam negeri. Selain mengandung unsur hiburan bagi masyarakat juga memiliki unsur ekonomi yang menjanjikan. Gojek Traveloka Liga 1 adalah nama resmi Liga sepakbola yang berjalan di Indonesia. Dengan fakta tersebut maka dapat menimbulkan berbagai opini dari masyarakat terhadap berlangsungnya Liga. Salah satu media untuk mengungkapkan opini dari masyarakat adalah Twitter. Maka dari itu dilakukanlah proses Sentimen Analis dengan bahasa R dengan bantuan software R Studio untuk mengetahui persepsi masyarakat. Data diperoleh dari Twitter dengan metode crawling. Data yang diperoleh berjumlah 1000 buah twett berbahasa Indonesia. Kemudian dilakukan proses pembentukan wordcloud untuk mengetahui topik yang dibicarakan yang diwakili oleh kata yang muncul. Kata “liga” dan “indonesia ” terlihat dominan, disusul kata “persib”, “pssi”, “resmi”, “bopi”,”regulasi”, “gojek”, “traveloka”, dan “timnas”. Lalu dilakukan proses sentimen analis maka diketahui sentimen netral sebanyak 545, positif 192, negatif 143.

Copyrights © 2018