Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 4 No. 1 (2019): Pendidikan dan Pendidikan Dasar

Efektivitas Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI NW Bagik Nyala

ahmad izzuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas V MI NW Bagik Nyala. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB MI NW Bagik Nyala dengan jumlah 15 siswa tiap kelas. Kelas VB sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Kelas VA sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode ceramah, diskusi, dan mengerjakan soal-soal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berbentuk essay. Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai 79% untuk kelas eksperimen dengan kriteria baik dan nilai tes berada pada rentang skor 75,005 < K dengan kategori berpikir sangat kritis. Sedangkan kelas kontrol 58,33% dengan kriteria cukup baik dan nilai tes berada pada rentang skor 58,335 < K < 75,005 dengan kategori berpikir kritis. Uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 9,31 dan t tabel 2,131 dengan dk 30 dan taraf signifikan 5% sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan pendekatan saintifik sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mutaaliyah

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan ...