Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016

Peranan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Tim Quiz ( Quiz Team ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA MAN Pol-Man Kabupaten Polewali Mandar

Alibas, Fadhila (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk; (1) Mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe tim kuis siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man, (2) mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man, (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang berarti antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe tim kuis dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man tahun ajaran 2010-2011 yang terdiri dari 114 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa keseluruhan 76 orang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe team kuis dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas dengan jumlah 19 soal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA MAN Pol-Man yang diajar melalui strategi pembelajaran aktif tipe team kuis berada pada kategori tinggi dengan ratarata skor 10,55. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 8,63. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam halkemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe team kuis dengan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA MAN Pol-Man.Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Tim Kuis, Eksperimen.

Copyrights © 2016