Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016

Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dengan Umpan Balik Individual Terhadap Hasil Belajar Siswa

Damayanti, Mesra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif pemberian tugas terstruktur dengan umpan balik individual terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar pada materi pokok reaksi oksidasi reduksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group desaign, terdiri dari dua variabel yaitu pemberian tugas terstruktur dengan umpan balik individualdan klasikal sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar sebanyak 9 kelas dan pengambilan sampel secara random class dengan teknik undian, terpilih kelas X6 sebagai eksperimen dan kelas X8 sebagai kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Setelah pemberian tes hasil belajar, data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 73,6 dengan standar deviasi 11,8, sedangkan pada kelas ko ntrol nilai rata-ratanya adalah 66,63 dengan standar deviasi 10,49. Siswa yang tuntas belajar pada kelas eksperimen sebanyak 20 orang (70%) dan tidak tuntas 10 orang (30%) sedangkan pada kelas kontrol siswa yang tuntas 14 orang (46,67%) dan tidak tuntas sebanyak 16 orang (53,33%). Hasil pengujian dengan statistik inferensial uji-t diperoleh nilai thitung = 2,41 > ttabel = 1,672. Hal ini menunjukkan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian pemberian tugas terstruktur dengan umpan balik individual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Tugas terstruktur, umpan balik individual

Copyrights © 2016