Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Kelas VII2 SMP Negeri 26 Makassar

Munawarah, Munawarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan ujicobaterbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatankontekstual pada pokok bahasan segitiga yang meliputi Buku Siswa, Lembar kegiatan Siswa, danRencana Pelaksanaan Pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP Negeri26 Makassar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Prosedur pengembangan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design,Develop, dan Dessiminate) yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan,tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran dengan pendekatanKontekstual yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang-ulang kalisehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatasmenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual bersifat efektif danpraktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes haaasil belajar adalah 71,97 dariskor ideal 100 dengan standar deviasi 14,78. Di mana 29 dari 36 siswa atau 80,56 % memenuhiketuntasan individuyang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.; (2) denganmenggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual siswa jadi lebih aktifdalam proses pembelajaran; (3) pada umumya siswa memberikan respon yang positif terhadapperangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja danbelajar; dan (5) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran denganpendekatan Kontekstual termasuk dalam kategori tinggi, artinya penapilan guru dapatdipertahankan.

Copyrights © 2017