Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam Vol. 12, No. 2, Juli-Desember 2018

PENDIDIKAN ISLAM DAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA DINASTI UMAYYAH

Farid Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2018

Abstract

Kemajuan pendidikan Islam dan pengajaran Bahasa Arab di masa silam adalah bagian sejarah penting dalam dunia Islam. Hal tersebut berguna sebagai refleksi memperbaiki kualitas pendidikan di masa mendatang. Semakin maju zaman maka semakin kompleks juga masalah pendidikan Islam dan Pengajaran bahasa Arab. Artikel ini bertujuan untuk menelaah kembali sejarah pendidikan Islam dan Pengajaran bahasa Arab di zaman dinasti Umayah dipandang dari tiga aspek filsafat yaitu ontologi (isi materi), epestimologi (pendidikan sebagai sistem) dan aksiologi (tujuan pendidikan). Kajian ini berkesimpulan bahwa Pendidikan Islam pada masa dinasti Umayyah telah mengalami perkembangan dari masa sebelumnya yaitu masa khulafa al-Rasyidin. Perkembaangan itu terjadi pada berbagai aspek pendidikan diantaranya adalah aspek kurikulum, materi, metodologi dan aspek kelembagaan yang semakin bertambah ragam dan kuantitasnya. Pengajaran bahasa Arab pada masa itu berorientasi pada pendalaman agama Islam sebagai motivasi beragama dan pendalaman syair-syair Arab melalui disiplin ilmu Nahwu. Hasil dari telaahan ini mengisyaratkan adanya dorongan terhadap umat muslim untuk menegaskan kembali sistem pendidikan Islam dan bahasa Arab kepada perkembangan kuliatas melalui kerjasama antar masyarakat muslim dan Negara.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...